Monday, September 29, 2008

MENGAPA KOMPUTER SERING HANG

Sering mengalami kejadian ngga waktu kita lagi asiknya mengetik atau maen game di pc tiba-tiba pc kita jadi hang alias macet… .

Deadlock atau Hang yaitu suatu proses yang menunggu suatu layanan / kejadian yang tak akan pernah terjadi. Layanan yang dibutuhkan dapat berupa sumber daya fisik maupun sumber daya abstrak atau software. Wujudnya biasanya berupa program / perintah yang dijalankan not responding / tidak dapat direspon.

Hal ini disebabkan suatu program yang memiliki suatu layanan sumber daya. Ketika layanan sumber daya yang diminta belum selesai, kemudian program meminta layanan yang lain. Akibatnya program akan terus menerus menunggu layanan sumber daya lain, sementara sumber daya menganggap tidak ada permintaan. Kondisi demikian akan menyebabkan terjadinya deadlock. Proses yang menunggu suatu layanan dalam waktu yang tak terhingga disebut juga dengan start vation. Jadi dengan kondisi yang terus menerus menunggu kesiapan sumber daya, akan tetapi tidak pernah tersedia menyebabkan kinerja komputer menjadi terganggu sehingga komputer menjadi hang atau deadlock.

Nah nih ada 10 alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi :

  1. Hardware Conflict

    Alasan pertama mengapa Windows bisa mengalami Crash adalah konflik pada hardware.Setiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ (interrupt request channel) dan harus uniqe untuk setiap perangkat. Contoh Printer biasanya menggunakan IRQ 7, Keyboard menggunakan IRQ 1, Flooy menggunakan IRQ6. Setiap perangkat menggunakan IRQ nya masing2 secara otomatis. Apabila komputer anda memiliki banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang terjadi adalah adanya pembagian IRQ untuk lebih dari 1 perangkat. Dan saat anda mengakses ke-2 perangkat yang menggunakan IRQ yg sama tsb maka akan ada kemungkinan Windows akan Crash.

    Hardware conflict : terkadang sering terjadi hardware yang satu dengan yang lain tidak saling mendukung. Sebagai contoh motherboard ga support dengan VGA card, menyebabkan tampilan gambar menjadi kotak - kotak. Bahkan komputer jadi suka restart sendiri (bukan disebabkan oleh virus). Bisa juga disebabkan karena hardware tersebut tidak ter install dengan baik. Nah kalau mo lihat atau nge check hardware yang bermasalah coba klik Start trus Setting -> control panel -> System -> Device manager. Nah disana coba liat ada ngga tanda ! dalam segitiga kuning. Kalau ada berarti ada hardware mu yang bermasalah. Cara yang paling baik yaitu reinstall lagi driver untuk hardware tersebut. Atau gunakan tool untuk melihat software driver dari hardware tersebut apakah sudah benar.


  2. Bad Ram

    RAM (Random Access Memory) memiliki kemungkinan menyebabkan Blue Screen pada windows anda. Fatal Error dari RAM biasanya di sebabkan oleh perbedaan Chip yang ada pada memory. Contoh apabila menggabungkan 70ns RAM dengan 60ns RAM akan memaksa RAM tsb bekerja lebih lambat dan efeknya akan membuat RAM menjadi crash.

    RAM yang jelek (hi..hi..hi..) terkadang sering membuat “blue screen”. Nah coba deh ganti RAM mu. Atau terkadang kesalahan yang ada 2 RAM yang mempunyai spesifikasi yang berbeda dipaksain dipasang pada satu komputer, makanya kalau mo nambah RAM usahakan spesifikasi nya sama. Kalau perlu sama - sama dari satu pabrik sekalian


  3. BIOS settings

    Setiap Motherboard memiliki settingan Chipset sesuai dengan pabrik buatan masing2. Setiap anda memasuki BIOS anda harusn ingat untuk berhati2 dalam menyetting konfigurasi karena apabila konfigurasi anda salah maka akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc dan crash.

    BIOS, makanya sering kunjungi web pembuat BIOS nya. Trus cari update BIOS nya yah.


  4. Hard disk Drive

    Setiap beberapa minggu, data dalam harddisk pasti akan menjadi terpecah pada tiap inodenya. Sangat disarakan untuk melakukan Degratment setiap minggu untuk mencegah harddisk yang sering freeze / hang. Tindakan defragment akan mencegah pc anda dari masalah freeze yang berkeseringan.

    Hard Disk, sering gara-gara susunan file di dalam hard disk dah ga beraturan menyebabkan pc menjadi hang karena file nya entah ada di ujung sect0r entah di tengah, pokoknya ke acak - acak dah. Makanya sering lakukan Disk Defragment. Satu lagi kalau punya file atau data sering - sering di check masih berguna apa ngga. Kalau dah ga guna buang ajaaaaaaaa ke laut :). Jangan lupa jalankan Disk Clean-Up sebulan sekali


  5. Fatal OE exceptions and VXD errors

    Ini biasanya disebabkan oleh masalah pada VGA anda. VGA meruapakan salah satu hardware yang sering sekali menyebabkan masalah pada pc anda. Lakukan instalasi Drive yang benar pada VGA . Apabila pc anda mengalami screen freeze / hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada vga anda.

    Fatal OE exception. Nih disebabkan video card yang ga support, coba ganti setting apperance nya. Kalau ga bisa juga tuh berarti VGA card nya harus diganti dengan VGA card yang lain baca petunjuk motherboard mengenai VGA card apa yg support

    Fatal error: the system has become unstable or is busy atau Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications.
    Atau pun Blue Screen adalah kejadian umum yang sering kita lihat sebagai penguna Produk Ms Windows. Apa yang harus kita lakukan apabila mendapat masalah tsb ? yang lebih penting, bagaimana cara mencegahnya ?

    Sebenarnya ada cara lain yang dapat kita lakukan bila tiba-tiba komputer yang Anda klik-klik tiba-tiba muncul tulisan “Out Of Frequency”. Ini disebabkan karena VGA Anda tidak sanggup dengan klik mouse Anda yang begitu cepat berganti interface antar window atau juga bisa juga disebabkan karena mengutak-atik bagian display mode pada bagian pixel. Cara agar PC Anda kembali normal yakni tekan Ctrl+Alt+Del kemudian tekan F8 maka akan mucul pilihan: Enable VGA Card, Start Windows normally. Saran saya jangan pilih start windows normally karena akan muncul kembali tulisan “out of frequency” di layar Anda. Pilihlah “Enable VGA Card” dan tekan Enter. Alhasil komputer Anda dapat masuk ke windows tanpa harus memformat ulang harddisk Anda tentunya.


  6. Virus

    Infeksi virus akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc. beberapa virus menghapus boot sector pada harddisk dan membuat nya tidak bisa untuk dijalakan. Selalu ingatkan diri anda untuk menyediakan Boot Startup Script karena akan sangat membantu untuk mengembalikan Boot Sector anda.

    Virus. Terkadang virus suka bikin pc kita jadi aneh bin ajaib. Makanya punya anti virus dengan real time protection


  7. Printers

    Printer hanya memiliki memory yang kecil yang biaa kita sebut Buffer. Ini gampang sekali bermasalah. Melakukan print dokumen biasanya menggunakan sebagaian dari Power CPU. Ini akan menyebabkan kelambatan pada pc. Jika printer mencoba untuk melakukan Print thd kata yang tidak dikenal maka akan ada kemungkinan untuk menyebabkan crash pada pc. Usahakan untuk menghilangkan Buffer terlebih dahulu lalu lakukan restore pada printer anda.

    Printer. Terkadang di saat kita mau nge print file yang besar, sering membuat pc kita hang. Hal ini disebabkan karena setiap kita hendak nge print dokumen PC mengirimkan file tersebut ke memori yang ada di printer. Nah printer tuh cuma punya memori yang kecil. Kalau hal ini terjadi cabut dahulu kabel printer yang nyambung ke pc abis itu matiin printernya dan pencet tombol reset pada printer


  8. Software

    Crash pada bagian ini biasanya di sebabkan oleh jeleknya cara penginstalan software.Gunakan Registry Cleaner untuk membersihkan komputer anda.Apabila anda merusak Registry anda maka Install ulang adalah satu2nya cara maka berhati hati lah.

    Software. Masalah yang sering bikin komputer hang yah ini. Sebelum install software chek dolo apakah dia support dengan sistem operasi pc kita (apakah untuk MAc , windows 98, Win Xp). Check juga system requirment nya (apakah untuk P IV , P III, atau AMD)


  9. Overheating

    CPU biasanya dilengkapi oleh kipas pendingin. Apabila kipas pendingin mati, maka CPU akan mengalami Overheat dan memunculkan eror Kernel Error. Masalah CPU dapat di selesaikan dengan mendisable CPU Internal Cache, ini akan membuat komputer lebih lambat dalam beroperasi namun lebih stabil.

    Terlalu panas. Sering terjadi hardware tidak bekerja karena terlalu panas, tambahkan kipas lebih banyak lagi atau matiin PC mu dan minum kopi dahulu (hi..hi..hi..


  10. Power Supply Problem

    Kejutan / gelombang listrik dapat menyebabkan crash pada komputer. Apabila ini menjadi masalah bagimu maka solusi yang paling baik adalah menggunakan UPS System pada cpu anda.Ini akan menjadi investasi yang baik apabila anda memiliki data data penting karena listrik dapat menyebabkan kerusakan serius pada pc anda.

    Power Supply. Supply listrik yang kurang juga dapat membuat PC jadi kurang baik berfungsi. Sesuaikan daya pada Power Supply dengan kebutuhan listrik dari PC itu sendiri

No comments: